Model sistem umum perusahaan akan dapat menjadi contoh pola
yang baik untuk menganalisis sebuah organisasi, model ini akan menyoroti
unsur-unsur yang seharusnya ada dan bagaimana unsure-unsur tersebut seharusnya
berinteraksi. Dalam hal yang sama, model delapan unsur lingkungan sebuah
perusahaan dapat menjadi suatu cara yang baik untuk memahami kompleksitas dari
bagaimana perusahaan akan berinteraksi dengan lingkuganya, intregasi antara
model sistem umum dan model delapan unsure lingkungannya akan menjadi dasar
dari suatu konsep yang menerima banyak perhatian dewasa ini manajemen rantai
pasukan ( supply chain managemen).
Pandangan secara luas atas keunggulan kompetitif menyadari
adanya organisasi-organisasi yang bersaing dengan perusahaan sekaligus juga professional
dan staf di negara-negara lain yang bersaing memperebutkan pekerjaan dengan
karyawan perusahaan. Perusahaan multinasional sering kali mengontrakkan
pekerjaan ke organisasi-organisasi lain agar dapat mecapai suatu
keunggulan ekonomi. Perusahaan yang melakukan bisnis secara global memiliki
kebutuhan-kebutuhan informasi dan koordinasi khusus. Sumber daya informasi sebuah perusahaan meliputi piranti
keras, piranti lunak, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data dan
informasi. Informasi memiliki empat dimensi yang diinginkan: relvansi, akurasi,
ketepatan waktu, dan kelengkapan.
Eksekutif perusahaan melakukan perencanaan stategis untuk
keseluruhan organisasi, area bisnis, dan sumber daya informasi. Chief
information officer memainkan peranan penting dalam semua jenis perencanaan
strategis. Sebuah rencana strategis untuk sumber daya informasi akan
mengidentifikasikan tujuan-tujuan yang harus dipenuhi oleh sistem informasi
perusahaan di ahun-tahun mendatang dan sumber daya informasi yang akan diperlukan
untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Untuk selengkapnya KLIK DISINI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar